Menu Close

Saatnya Peremajaan Meteran Air Anda Dengan Alat Yang Berteknologi Tinggi

jenis jenis water meter

Flow meter itu sendiri adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui suatu aliran matrial dalam suatu jalur aliran. Flow meter SHM memiliki keunggulan yaitu tidak menggunakan aliran listrik sehingga lebih hemat. Selain itu, jenis water meter yang satu ini juga mudah dalam perawatan serta pemasangan. Flow meter air limbah 6 inch dilengkapi paddle wheel serta dibuat dengan menggunakan sistem drive mekanis. Tak jauh beda dengan versi sebelumnya, flow meter SHM three inch ini juga dapat digunakan pada air dengan jenis apapun.

jenis jenis water meter

Untuk menjaga agar nilai akurasi dari meter air ini baik maka meter air harus dipelihara dan ditera dengan jangka waktu 4 tahun sekali. Mengingat sangat vitalnya nilai akurasi tersebut maka setiap perusahaan air minum memperhatikan hal ini dengan membentuk workshop meter air . Informasi yang dihasilkan oleh meter air yaitu berupa ketetapan nilai dari laju debit yang telah digunakan dengan ketentuan nilai tersebut sesuai dengan standar yang berlaku. Nilai akurasi yang telah ditentukan harus berdasarkan standar worldwide ISO 4064. Nilai akurasi dari meter air ini jelas akan mempengaruhi dari tingkat kehilangan air.

Nilai akurasi yang baik dari meter air maka tingkat kehilangan air persentasenya akan menurun. Saat ini, di Indotrading sudah terdapat ratusan bahkan ribuan penjual pengukur aliran atau water meter yang terdaftar. Selain itu, di Indotrading juga banyak menjual kebutuhan untuk bisnis yang bisa Anda cari. masih kurang menjadi prioritas perusahaan penyedia air, padahal komponen ini berpengaruh pada pendapatan yang dihasilkan.

Selain itu, ia juga dapat diinstall dengan mudah tanpa harus memperdulikan kondisi lingkungan tertentu. Tabung move meter SHM biasanya terbuat dari bahan cast iron yang dikoneksikan dengan flange dan sesuai dengan ukuran diameter dari DN50 sampai Hdn200.

Cara kedua adalah pembacaan otomatis, yakini meteran air dibaca dengan menggunakan bantuan alat dan meteran tidak langsung didatangi di lokasi. Secara umum, meteran air memiliki tiga komponen utama, yaitu bagian register, rangkaian roda gigi atau gear, dan bagian pengukur atau measuring chamber. Sementara, untuk bagian show, terdiri atas tipe meter (jenis meter yang menjadi pembuatan meteran itu, apakah multi-jet atau single-jet), nominal circulate fee atau Qn , serta metrology class . Velocity Flow meter mengandalkan out put sinyal yang dihubungkan langsung dengan kecepatan fluida yang melewati flow Water Meter BR meter. Namun jenis pembacaan gauge atau display yang menggunakan sistem mecahnical register biasanya hanya menampilkan move rate. Dan untuk menampilkan totalizer atau volumetrik perlu tambahan komponen electric serta sensor. Karena sistem mechanical register biasnya mengandalkan putaran dari shaft yang di hubungkan dengan geak untuk menjangkau counting.

Selain itu, banyak meteran air di Indonesia yang masih menggunakan meteran mekanik, yang memiliki banyak kelemahan, baik dari segi teknis hingga jumlah karyawan untuk pengecekan di lapangan. Hal ini tentunya berpengaruh pula pada kehilangan air yang berdampak kepada bisnis jangka panjang dari perusahaan. Untuk melakukan pembacaan air atau kegiatan membaca indeks meter air yang terlihat pada register, dapat dilakukan dalam dua cara. Cara pertama adalah pembacaan guide, yakni meteran langsung dibaca secara guide dengan melihat langsung di lokasi meteran air.

Dan untuk analog output bisanya ditambahkan dengan move transmitter yang mengolah putaran sensor yang dikompensasi ke arus. Flow meter juga banyak digunakan pada perusahaan Manufaktur, dimana alat ini berfungsi untuk mengukur kapasitas dan kinerja pompa, cooling system, serta compressor. Hal ini membantu perusahaan untuk mengetahui kerusakan mesin sejak dini dan membantu mengatasi permasalahan pada mesin.

Secara umum Flow Meter SHM adalah alat yang berguna untuk menghitung quantity air dalam circulate meter. Prinsip kerja dari meter sendiri adalah dengan menggunakan paddle wheel sebagai komponen utamanya. Fungsi alat ini cukup terbatas karena hanya digunakan untuk mengetahui kapasitas aliran atau debit fluida. Alat ini biasanya digunakan untuk menghitung performa pompa, performa mesin, sistem pendingin, dan melakukan pengecekan aliran. Prinsip kerjanya adalah air yang menggerakkan rotaring (baling-baling) langsung dari inlet badan meter air.